Home » » Cara pasang lnb Palapa dan Telkom

Cara pasang lnb Palapa dan Telkom

Written By adeen sat on Wednesday, January 23, 2013 | Wednesday, January 23, 2013


Palapa dan telkom adalah dua satelit yang menyediakan konten siaran tv lokal Indonesia. Untuk channel dan transponder silahkan anda buka di sini dan di sini

Di sini akan saya bahas teknis untuk pemasangan dua lnb. Apabila anda membeli peralatan parabola di toko tentunya masih terpisah pisah, bagi yang belum pernah memasang tentu saja merupakan hal yang sangat baru dan penuh tantangan.

tahap awal (dalam hal ini menggunakan dish mesh)
Rangkaikan semua dish sehingga membentuk seperti wajan penggorengan, tips supaya cepat yaitu dari empat potongan dish kita bagi menjadi dua bagian, setelah 2 bagian terbentuk lalu tinggal kita rangkai menjadi satu bagian utuh. Lalu pasang mounting atau dudukan dish.

tahap kedua yaitu memasang lnb di bracket, penting untuk kita pahami dulu berapa ukuran dish yang kita pakai, semakin besar dish maka jarak antar lnb akan semakin jauh. misalkan kita memakai dish ukuran 8 ft (2.4m) saya mamakai jarak 4 jari antar bagian sisi lnb cara mengukurnya letakkan jari kita tepat di antara 2 lnb.
Cara pasang lnb Palapa dan Telkom
 Masukkan tiap lnb ke lubang bracket, lihat angka di lnb ada nomor 34-42 itulah adalah nomor kedalaman lnb di bracket, kita pilih saja nomor 40, lihat angka 0 derajat, pastikan searah (salaing berhadapan) atau tidak juga nggak papa yang penting se arah timur barat. lalu baut semua lnb sampai kuat supaya nggak goyang.

Kemudian pasang 2 buah kabel di port masing masing lnb, hubungkan 2 buah kabel yang telah dipasang di lnb tadi ke switch/diseqc. Misalkan lnb A masuk ke diseqc 1 dan lnb B masuk ke diseqc 2, atau Lnb A masuk ke 22k dan Lnb B masuk ke 0. Ingat settingan switch/diseqc tersebut, hal ini akan kita terapkan juga di receiver nantinya.


Cara pasang lnb Palapa dan Telkom
Selanjutnya pasang bracket di tiang fokus, pastikan dulu kita mau posisikan lnb mana yang akan kita jadikan fokus (posisi dalam). Saya biasanya memilih satelit palapa untuk dijadikan fokus, nantinya arah tiang fokus menghadap ke timur. 

Setting antenna di receiver, pastikan satelit Palapa di diseqc  lnb1 on dan satelit Telkom di diseqc lnb 2 off. Matikan dulu receiver lalu paasng konektor dari switch ke receiver kemudian hidupkan lagi receiver beserta televisi. Standby kan pada channel yang terkuat dulu yaitu tvn1.

Langkah selanjutnya masukkan mounting dish ke tiang antenna, lalu masukkan tiang fokus di lobang mounting, arahakan dish menghadap timur barat, caranya yaitu dengan mengarahkan lengan elevasi. Lalu masukkan tiang fokus dan arahkan lnb ke timur barat juga. Supaya lebih mudah melihat arah timur barat gunakan kompas atau lihat posisi matahari.

Setelah yakin arahnya pas coba putar baut mounting ke tiang antenna pastikan mounting tidak renggang tapi masih bisa diputar, ini bertujuan untuk memutar dish supaya  signal maksimal. 

Posisikan dish menghadap ke atas tegak lurus, lalu coba miringkan sedikit (untuk anda yang berada di selatan katulistiwa miringkan ke utara) lalu miringkan sedikit ke timur sambil lihat ke televisi, supaya mudah pencet tombol info di remote, lihat kenaikan kualitas signal. Kalau belu ada penampakan, coba miringkan lagi sedikit ke arah utara, naikkan lagi posisi dish sambil lihat kenaikan signal. Begitu seterusnya sampai terlihat ada kenaikkan signal.

Setelah bar signal terlihat, stop dulu lalu coba maksimalkan dengan cara miringkan atau putar mounting pelan pelan. Kalau dirasa sudah maksimal, lalu pindah posisi channel ke Rcti, lihat pakah signal Rcti sudah bisa dilock, kalau sudah bisa dilock lalu maksimalkan signal Rcti tersebut dengan cara seperti di atas. 

Kemudian coba pindahkan channel ke Telkom, Pilih Trans7 yang paling rendah signalnya, kalau trans7 sudah bisa dilock, maka anda sudah sukses memasang 2 buah lnb dalam satu dish. Tinggal scan channel saja di receiver. Selanjutnya bisa anda kreasikan dengan mencari satelit lain.


Share this article :

28 komentar:

  1. Bang...klo cara masang LNB Combo apa sama dgn LNB C biasa..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masangnya sama cuma beda di pengaturan receiver...lnb combo sudah ditanam diseqc switch di dalamnya, pengaturan pada receiver untuk yang kuband 22k harus off/mati dan cband di on/hidup

      Delete
    2. Kang punten bantu saya, saya pakai parabola venus awalnya satelit saya bisa berganti antara palapa dan telkom tapi ada chanel yang hilang sinyalnya saya search chanel di salah satu satelit misal satelit palapa hanya palapa semua dari no. 1 sampai 100 tapi malah tidak bisa kembali menjadi pengaturan awal misalnya chanel no. 1 indosiar satelit palapa chanel no. 54 trans tv hanya dengan menekan remot. cara mengembalikan setting satelit palapa dan telkom agar bisa dilihat bergantian bagaimana ya? Nuhun kalau bisa bantu :)

      Delete
    3. Setelah Rcti berhasil ane lock dgn sempurna, tersebut dengan cara seperti di atas. 

      Kemudian ane coba pindahkan channel ke Telkom, Pilih Trans7 yang paling rendah signalnya, kalau trans7 tidak bisa dilock, gimana caranya brothers?

      Delete
    4. pastikan port diseqc di lnb sesaui dengan perngaturan di receiver

      Delete
  2. Kang punten bantu saya, saya pakai parabola venus awalnya satelit saya bisa berganti antara palapa dan telkom tapi ada chanel yang hilang sinyalnya saya search chanel di salah satu satelit misal satelit palapa hanya palapa semua dari no. 1 sampai 100 tapi malah tidak bisa kembali menjadi pengaturan awal misalnya chanel no. 1 indosiar satelit palapa chanel no. 54 trans tv hanya dengan menekan remot. cara mengembalikan setting satelit palapa dan telkom agar bisa dilihat bergantian bagaimana ya? Nuhun kalau bisa bantu :)

    ReplyDelete
  3. Palapa dapat signal,klw telkon nnti di arahin ke bawah baru dapat signal,gimana itu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaturan diseq lnb di receiver terbalik

      Delete
  4. Brothers, setelah semua berhasil ane, Kemudian coba pindahkan channel ke Telkom, Pilih Trans7 yang paling rendah signalnya, kalau trans7 tidak bisa dilock, gimana brothers? Help bantunya

    ReplyDelete
  5. Setelah Rcti berhasil ane lock dgn sempurna, tersebut dengan cara seperti di atas. 

    Kemudian coba pindahkan channel ke Telkom, Pilih Trans7 yang paling rendah signalnya, kalau trans7 tidak bisa dilock, gimana caranya brothers?

    ReplyDelete
  6. Gan. Mau tanya sedikit, sinyal d paranola ane kok g nyambung y antara global ama tran tv, palapa ama telkom, tiap d stell parabola nya atau d putar2 pasti salah satu aja yg keliatan, gtu jg sebaliknya, d putar pas d tengah2 malah sinyal nya ada tp gak kuat. Jd kedual saluran itu keliatan tp g jelas hasil nya, hilang2 timbul begitu. Semoga pertanyaan ane bisa d pahami gan, terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Gan, kalau lokasi di melben-oz, bisa pakai dua LNB kah utk Palapa dab Telkom satelit?
    Kalau iya, apakah parabola nya harus pakai motor utk pindah posisi satelit otomatis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman rekan saya di sana, harus memakai parabola jumbo, sekitar 12ft, itupun nggak semua bisa dilock dengan sempurna

      Delete
  8. bang,,saya mau tnya ni,, kalo ganti parobola dari satu kepala LNB,GANTI menjadi dua LNB bagaimana cara mengatur posisi pasnya,,sebelumnya di rumah sya pake yang satu ini ganti yang kedua gimana tuh ngatur posisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah switch atau diseqc c,lalu setting pengaturan lnb di receiver

      Delete
  9. bang sy ada masalah sy pasang dual LNB inside, merek matrix, waktu scan siaran di lbn 1 (palapa) muncul siaran palapa spt more dll, dan ketika discan telkom juga muncul siaran palapa, padahal disitu jelas tertera yg discan sat telkom, tlg solusinya, bang tq

    ReplyDelete
  10. agak susah juga untuk pemasangan 2 lnb ini. apalagi lnb yg kurang sensitif jadinya mau diputer2 agak susah di lock.

    untuk lnb yg sensitif yg nilai k-nya kecil misal 13 k akan lebih sensitif jika dibandingkan dengan 15 k. untuk pencarian satelit bagi pemula saran mending pake 1 piring 1 lnb.

    mohon petunjuk dari om admin mengenai hal tersebut. dan hal2 apa saja yg harus diperhatikan yg lebih spesifik untuk pemasang 2 lnb ini.. salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk lock satelit palapa dan telkom saja, yang paling vital adalah dishnya, usahakan dish bentuknya simetris dan permukaan jaring tidak bergelombang.

      Delete
  11. hasil scan telokom 1 sama dengan palada d siarannya, kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya switchnya rusak mas, ganti yang baru saja

      Delete
  12. bang....
    untuk mengetahui arah LNB nya Pass gimana caranya ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan angka 0 (nol) di atas lnb berada pada arah barat atau timur

      Delete

Popular Posts

 
Copyright © 2013. kaleefaanfield - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger